Tips Irit Untuk Anak Kost-Kostan
Sumber: jawaban.com

Entrepreneurship / 27 June 2014

Kalangan Sendiri

Tips Irit Untuk Anak Kost-Kostan

Budhi Marpaung Official Writer
4673

Untuk mencapai sebuah kesuksesan yang kita impikan terkadang kita perlu menjalani segala sesuatu dari bawah / kurang mengenakkan. Satu dari banyak hal yang mungkin akan dialami adalah tinggal di kamar sewa perbulan atau biasa dikenal dengan nama kost-kostan.

Berbeda apabila tinggal bersama orang tua atau keluarga yang dimana segala keperluan atau yang kita mau bisa disediakan, selaku anak kost, kita perlu mengatur dengan bijak anggaran perbulan dan bahkan harian kita.

Berikut ini beberapa tips irit bagi Anda yang mau memutuskan atau sedang menjalani kehidupan sebagai anak kost-kostan:

1. Makan teratur (ala hemat, sehat)

Hanya karena berstatus anak kost-kostan, bukan berarti Anda menyampingkan urusan makan. Justru kesehatan kita sangat penting disini. Sebab apabila kita sakit maka pasti uang yang dikeluarkan akan lebih banyak dibandingkan jika kita sehat.

Oleh sebab itu, makan teratur adalah cara termudah untuk menjaga tubuh yang sehat. Sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan gorengan atau jajanan luar yang ada di pinggir-pinggir jalan. Lebih baik, makanlah makanan rumahan atau masak sendiri.

Tidak masalah makan dua kali sehari. Terpenting gizi yang masuk ke tubuh terpenuhi semua.   

2. Olahraga

Jika tidak memiliki anggaran untuk ke gym atau sport center, lakukanlah olahraga sendiri seperti jogging di sekitar lokasi kostan atau gerakan-gerakan kecil pada setiap persendian badan. Lakukan ini secara rutin.  

3. Istirahat

Kesehatan adalah modal utama anak kostan. Jadi Anda harus fokus pada hal tersebut. Selain asupan makanan dan olahraga, untuk mempertahankan kebugaran tubuh adalah dengan istirahat yang cukup. Jangan keseringan begadang. Kalau pun terpaksa maka di hari berikutnya Anda begadang, tidurlah lebih awal supaya jam tidur Anda kembali normal.  

4. Pulsa

Berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau orang-orang yang dikenal adalah kebutuhan setiap manusia termasuk anak kost. Agar biaya ini tidak membengkak, nah Anda perlu mengatur keuangan pulsa Anda. Pulsa Rp 50.000 atau Rp20.000 perbulan sepertinya cukup untuk kebutuhan komunikasi Anda. Bila tidak perlu sekali untuk menelepon, maka pakailah layanan pesan singkat (SMS) dalam berkomunikasi.  

5.  Kebutuhan atau keinginan

Anda pasti punya kebutuhan dan juga keinginan. Mengingat uang yang Anda miliki terbatas maka pentingkanlah selalu untuk mengeluarkan uang yang berkenaan dengan kebutuhan. Kalau memang di akhir-akhir bulan masih banyak sisa uang yang Anda miliki, gunakan beberapanya untuk membeli apa yang Anda inginkan.

6. Minimalkan pengeluaran

Karena Anda tahu berapakah uang yang Anda miliki setiap bulan maka Anda pun pasti tahu berapa uang Anda per hari. Uang Anda per hari ini jangan semua dihabiskan. Selalu sisihkan beberapa untuk ditabung. Bila bisa menabung Rp 5.000,- , tabunglah Rp 5.000,- itu . Ingat ini bukan soal besarnya uang yang ditabung, tetapi bagaimana membiasakan kebiasaan yang baik untuk hidup.  

Itulah beberapa tips irit untuk anak kost-kostan. Semoga dapat membantu.

 

Baca juga:

Mengajarkan Demokrasi Kepada Anak Sejak Usia Dini

Pentingnya Saat Teduh

Thread Forum JC: Nobar Piala Dunia 2014

Seperti Bapa Tak Memberi Batu, Karya Jazzy Jonathan Prawira yang Tak Maksa

Sumber : maestro14.wordpress.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami